Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik Dengan Sistim Rakit Apung

Tanaman kangkung siapa yang tidak kenal dengan sayuran yang satu ini, dari resto kaki lima hingga resto bintang lima pasti ada menu kangkung. Dari kepulauan jawa hingga Irian, sepertinya tidak ada yang tidak kenal sayuran kangkung, kangkung sepertinya sudah menjadi favoritnya orang Indonesia.

Sahabat Inspirasi Berkebun tau tidak manfaat makan kangkung? Versi dari mbah Google, sayuran kangkung banyak memiliki kandungan zat besi yang sangat baik untuk tubuh kita.Jika kita kekurangan zat besi, badan kita bisa mejadi pusing, lemas dan pandangan mejadi kabur. Selain mengadung zat besi sayuran kangkung juga mengandung selenium dan mineral seng yang berfungsi untuk pengenduran saraf dan membuat tidur Sahabat Inspirasi Berkebun semakin lelap.
Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik Dengan Sistim Rakit Apung
Sayuran kangkung juga bisa menghambat penyerapan kadar gula dalam tubuh, karena sayuran kangkung menghambat penyerapan kadar gula dalam tubuh maka sayuran kangkung bagus untuk mencegah diabetes. Kangkung ternyata mengandung juga vitamin C yang tinggi, setara dengan buah. 

Dari pada membeli kangkung yang disiram dengan menggunakan air got yang kotor dan bau, mending mari Sahabat Inspirasi Berkebun menanam kangkung sendiri, karena menanam kangkung secara hydroponik cukup mudah untuk dilakukan.

Pada tulisan kali ini kami akan membahas mengenai cara menanam kangkung secara hidroponik dengan sistim rakit apung. Langsung saja simak Langkah – Langkahnya seperti dibawah ini.

Pertama siapkan RockWool dan potong-potong dengan bentuk kotak seperti tahu dengan ukuran 2,5cm x 2,5cm. Pemotongan bisa menggunakan pisau roti atau pisau bergerigi. (Untuk Lebih Jelas bisa lihat gambar 1)

Kedua RockWool direndam dengan air biasa sebentar saja. (Untuk Lebih Jelas bisa lihat gambar 2)

Ketiga tiriskan RockWool dengan cara di kibas – kibaskan, jangan diperas ya untuk meniriskannya. RockWool hanya perlu lembab saja, tidak terlalu basah. (Untuk Lebih Jelas bisa lihat gambar 2)

Keempat letakan potongan rockwool tadi di wadah atau tempat dan susun secara rapi. (Untuk Lebih Jelas bisa lihat gambar 2)

Kelima buatlah lubang di potongan rockwoll dengan menggunakan tusuk gigi atau lidi, pembuatan lubang jangan terlalu dalam, hanya 3 kali dari ukuran benih. (Untuk Lebih Jelas bisa lihat gambar 3)

Keenam buatlah emapt lubang untuk masing-masing potongan rockwool. (Untuk Lebih Jelas bisa lihat gambar 3)

Ketujuh masukan benih kedalan lubang yang sudah dibuat tadi, masukan 1 benih pada tiap lubang. (Untuk Lebih Jelas bisa lihat gambar 3)

Kedelapan setelah selesai menyemai bibit kangkung, simpan ditempat yang teduh. Setelah benih pecah segera kenalkan dengan paparan sinar matari. (Untuk Lebih Jelas bisa lihat gambar 4)

Kesembilan setelah benih kangkung berdaun, pindahkan benih kedalan netpot. (Untuk Lebih Jelas bisa lihat gambar 5)

Kesepuluh letakkan netpot yang berisi kangkung kerakit apung. Ujung netpot harus menyentuh nutrisi, beri nutrisi awal 500 ppm saja. (Untuk Lebih Jelas bisa lihat gambar 6)

Kesebelas setelah akar tanaman bertambah panjang rakit apung dapat dinaikan sedikit demi sedikit, jadi ujung netpot tidak lagi menyentuh nutrisi cukup akar saja yang menyentuh nutrisi. (Untuk Lebih Jelas bisa lihat gambar 7)

Terakhir setelah tanaman kangkung sudah siap panen. Panen tanaman kangkung dengan cara menggunting, tanaman kangkung tidak perlu dicabut. Karena nanti tanaman kangkung akan tumbuh lagi, untuk menjaga kualitas rasa kangkung usahakan hanya sampai dua kali pertumbuhan saja. (Untuk Lebih Jelas bisa lihat gambar 9)
Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik Dengan Sistim Rakit Apung
Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara menanam kangkung secara hidroponik dengan sistim rakit apung. Semoga sahabat Inspirasi Berkebun dapat mempraktekannya dirumah dan selamat berhidroponik. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Semoga sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Note: Untuk melihat gambar secara jelas bisa dilihat disini 

Sumber: rumah hydroponic. com/ blog/ menanam- kangkung- hydroponic- dengan- sistim- rakit- apung/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat dan Bahaya EM4 Pada Pertanian

Cara Memperbanyak Benih Sukun Dengan Cara Stek Batang

Cara Memperbanyak Benih Nanas Dengan Stek Batang dan Mahkota