Manfaat Arang Sekam untuk Media Hidroponik

Apa itu arang sekam? Mungkin banyak Sahabat Inspirasi Berkebun yang belum begitu paham apa itu arang sekam. Pada tulisan kali ini kami akan membahas sekam bakar atau di dunia hidroponik disebut dengan arang sekam yang berfungsi sebagai pengganti media hidroponik zeolit.

Sekam bakar atau arang sekam dibagi menjadi dua jenis yaitu abu sekam dan arang sekam.

Abu Sekam
Abu sekam biasanya dihasilkan dari pembakaran sekam yang sempurna. Pembakaran yang sempurna bisa meniadakan unsur N dalam sekam segar karena N akan menguap menjadi gas.

Abu sekam kaya akan karbon dan silika dengan pH sekitar 8.5 sampai 9. Abu sekam pada biasanya digunakan untuk menaikkan pH pada tanah.

Perlu di ketahui yang paling bagus untuk menaikkan pH tanah ialah abu jerami karena kandungan karbonnya sekitar 25% hingga 30 % dari pada abu sekam.

Arang Sekam
Arang sekam pada umumnya dihasilkan dari proses pembakaran sekam segar yang kurang sempurna sehingga masih mengandung unsur N di dalam arang sekam tersebut.

Tujuan dibakar dengan kurang sempurna supaya unsur-unsur mikro dan makro masih dapat dipertahankan walaupun berkurang karena proses pembakaran tersebut.

Arang sekam meiliki kandungan yang banyak seperti silika dan karbon meskipun masih ada juga N, P, K, Ca, Mg dan beberapa unsur mikro.

Arang sekam mempunyai keunggulan antara lain:
  • Sebagai pengganti media tanam pada hidroponik
  • Menaikkan pH pada media tanam
  • Lebih steril
  • Ringan
Arang sekam juga mempunyai kekurangan antara lain:
  • Lemah dalam mengikat air
  • Lebih cepat memadat
  • Rusaknya vitamin B1
  • Lebih mahal
Manfaat Arang Sekam untuk Media Hidroponik
Demikian tulisan kami mengenai apa itu arang sekam dan apa manfaat arang sekam untuk media hidroponik, jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penjabaran kami mohon kiranya bantu kami memperbaiki tulisan kami ini. 

Semoga tulisan kami yang sederhana ini dapat membantu Sahabat Inspirasi Berkebun dalam memahami apa itu arang sekam. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: Abu Abdillah Ikhwan & Team

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat dan Bahaya EM4 Pada Pertanian

Cara Memperbanyak Benih Sukun Dengan Cara Stek Batang

Cara Memperbanyak Benih Nanas Dengan Stek Batang dan Mahkota