Cara Mengetahui Unsur Hara yang dibutuhkan Tanaman

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengetahui unsur hara yang dibutuhkan tanaman, ada baiknya kita mengetahui apa itu unsur hara. Unsur hara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sebuah zat yang diperlukan atau dibutuhkan oleh tumbuhan atau hewan untuk pembentukan jaringan, pertumbuhan dan kegiatan hidup lainnya.

Unsur hara dapat bersifat organik maupun anorganik, walaupun demikian unsur hara lebih sering kita temui dalam pembahasan yang berhubungan dengan tanaman. Bagi tanaman unsur hara ialah senyawa anorganik didalam tanah yang sangat diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh kembang tanaman tersebut.

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengetahui unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan penjelasan-penjelasannya dibawah ini agar lebih mengerti.

Untuk sederhananya unsur hara pada biasanya dikelompokkan berdasarkan jumlah atau kuantitas yang dibutuhkan oleh tanaman:
Pertama Unsur hara Makro dibutuhkan dalam jumlah yang banyak misal kilogram.
Kedua Unsur Hara Mikro dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit misal miligram.
Ketiga Trace Element (TE) dibutuhkan dalam jumlah sangat sedikit misal nano gram.

Berdasarkan fungsinya unsur hara disederhanakan ke dalam beberapa bagian:
Pertama Unsur Esensial ini mutlak dibutuhkan kehadirannya sebagai bagian dari unsur pembentuk tanaman baik fase generatif maupun fase vegetatif. Apabila terjadi defisiensi atau kekurangan, biasanya akan terlihat jelas efek yang terlihat.

Kedua Unsur Fungsional ini dibutuhkan oleh tanaman-tenaman tertentu namun banyak juga tanaman yang sangat toleran terhadap defisiensi unsur-unsur ini. Unsur fungsional pada biasanya mengarah pada unsur-unsur yang dibutuhkan pada saat proses enzimatis tanaman. Pada biasanya unsur hara fungsional telah diketahui "kehadirannya" didalam tanaman namun belum diteliti lebih jauh mengenai fungsi-fungsinya.

Pemupukan dengan jumlah yang tepat (Unsur hara Makro, Unsur Hara Mikro dan Trace Element) dan jenis yang tepat (Esensial dan Fungsional) akan dapat menghasilkan tanaman dengan pertumbuhan dan hasil seperti yang diinginkan. Perlu diketahui setiap tanaman berbeda akan kebutuhan jenis dan jumlah unsur haranya.
Cara Mengetahui Unsur Hara yang dibutuhkan Tanaman
Tips dari Penulis pupuk kimia komersial (majemuk atau NPK dan mikro foliar) dapat diberikan untuk memperoleh jumlah yang tepat dan jenis yang tepat bagi tanaman. Kombinasi dengan pupuk kompos akan lebih baik untuk meningkatkan ketepatan jenis (bukan jumlah) karena pupuk kompos merupakan hasil dari proses demineralisasi bahan hidup yang asumsinya adalah jenis yang tepat (Esensial dan Fungsional)

Karena kami penulis masih taraf belajar, mohon koreksi dan masukannya apabila ada kesalahan pada tulisan kami.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara mengetahui unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk Sahabat Inspirasi berkebun dalam mengetahui unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi berkebun untuk emnyimpan tulisan ini.

Sumber: Djadmiko Pambudi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat dan Bahaya EM4 Pada Pertanian

Cara Memperbanyak Benih Sukun Dengan Cara Stek Batang

Cara Memperbanyak Benih Nanas Dengan Stek Batang dan Mahkota