Cara Mengatasi Layu Pada Tanaman Cabai

Cara Mengatasi Layu Pada Tanaman Cabai - Penyakit layu yang terjadi pada tanaman cabai merupakan salah satu penyakit yang berasal dari jamur jenis fusarium oxysporum.

Jamur fusarium oxysporum tersebut sering menyerang tanaman cabai pada saat musim penghujan walupun pada saat musim kemarau jamur fusarium oxysporum ini menyerang akan tetapi tidak separah pada saat musim penghujan

Penyakit layu pada tanaman cabai ini juga banyak terjadi di dataran rendah dan pada saat musim penghujan di karenakan jamur fusarium oxysporum ini sangat mudah berkembang dan menular di suhu yang lembab.

Proses serangan penyakit layu karena jamur fusarium oxysporum ini terjadi sekitar 1 minggu hingga 2 minggu dengan ciri-ciri daun muda layu serta kemudian daun tua mulai menguning sampai tanaman cabai mengering dan mati.

Untuk mengatasi penyakit layu pada tanaman cabai ini yang perlu Sahabat Inspirasi Berkebun lakukan ialah dengan cara pencegahan sejak dini dari mulai awal pemilihan bibit tanaman cabai yang bebas dari jamur fusarium oxysporum, pengolahan lahan hingga perawatan. 

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi layu pada tanaman cabai karena jamur fusarium oxysporum. Langsung saja berikut ini ialah langkah-langkah mengatasi layu pada tanaman cabai.
Cara Mengatasi Layu Pada Tanaman Cabai 
Pemilihan Bibit
Pada saat memilih bibit tanaman cabai pilihlah bibit yang unggul dan bebas dari jamur fusarium oxysporum yang banyak dijual ditoko pertanian. Bibit tanaman cabai juga bisa didapatkan dengan membuat bibit tanaman cabai sendiri dengan cara memilih bibit dari induk tanaman cabai yang sehat serta pertumbuhan tanaman cabai baik dan jauh dari tanaman yang terjangkit jamur fusarium oxysporum.

Pengolahan Lahan
Pada saat pengolahan lahan bersihkan lahan dari gulma atau rumput liar dan sisa tanaman yang telah terjangkit oleh jamur fusarium oxysporum untuk menjaga jamur fusarium oxysporum muncul kembali. Gemburkan tanah dengan menggunakan cangkul atau bajak dan diamkan selama 1 minggu hingga 2 minggu supaya jamur yang masih berada didalam tanah mati terkena panas matahari.

Setelah didiamkan selama 1 minggu hingga 2 minggu buat gulutan selebar 80 cm hingga 100 cm dan tinggi sekitar 30 cm hingga 40 cm untuk menjaga akar tanaman cabai supaya tidak tergenang air. 

Berikan kapur dolomite sebanyak 2 ton untuk 1 hektar, hal tersebut bertujuan untuk menaikkan pH tanah karena jika tanah terlalu asam maka jamur fusarium oxysporum akan lebih mudah berkembang biak.

Semprot lahan dengan menggunakan fungisida kemudian beri plastik mulsa untuk mengurangi penyebaran jamur fusarium oxysporum. 

Penanaman dan Perawatan Cabai
Penanaman tanaman cabai dilakukan dengan mengatur jarak tanam supaya sirkulasi udara bisa mengalir lancar dan tidak terlalu lembab. Kurangi penggunaan pupuk yang berunsur nitrogen (N) karena akan bisa menurunkan pH tanah, usahakan perbanyak memberikan pupuk yang memiliki unsur kalium (K).

Berikan fungisida pada tanaman cabai yang telah berusia 10 hari setelah tanam, lakukan pemberian fungsida seterusnya setiap 1 minggu sekali atau Sahabat Inspirasi Berkebun bisa membuat ramuan sendiri dari bawang putih yang dicampur dengan fungisida, caranya ada di akhir tulisan.

Segera cabut dan bakar tanaman cabai yang postif terserang jamur fusarium oxysporum kemudian berikan dolomit dan fungisida supaya tidak menular ketanaman cabai lainya. Selanjutnya cuci tangan Sahabat Inspirasi Berkebun setelah mencabut tanaman cabai yang positif terinfeksi fusarium oxysporum karena jamur jenis ini bisa menular melalui tangan.

Usahakan dalam melakukan penyiraman tanaman cabai hindari penyiraman dengan cara leb atau mengenangi parit-parit karena jamur fusarium oxysporum akan dengan dan dengan cepat menyebar melalui air genangan tersebut.
Tanaman Cabai yang terserang Jamur fusarium oxysporum
Cara Membuat Fungisida dengan Campuran Bawang Putih
Pertama siapkan bawang putih sebanyak 300 gram kemudian tumbuk atau haluskan, setelah halus meudian peras. 

Kedua siapkan 1 botol fungisida kemudian campur dengan perasan bawang putih hingga tercampur rata,kemudian gunakan campuran tersebut untuk membasmi jamur fusarium oxysporum pada tanaman cabai dengan dosis 200 cc dan tambahkan air sebanyak 15 liter.

Demikian tulisan kami tentang bagaimana cara mengatasi layu pada tanaman cabai akibat jamur. semoga tulisan kami bisa bermanfaat untuk Sahabat Inspirasi Berkebun dan petani cabai. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini. Selamat mencoba.

Sumber: Teori Petani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat dan Bahaya EM4 Pada Pertanian

Cara Memperbanyak Benih Sukun Dengan Cara Stek Batang

Cara Memperbanyak Benih Nanas Dengan Stek Batang dan Mahkota