Cara Mengatasi Hama Menggunakan Pestisida Alami

Pestisida alami merupakan salah satu solusi jangka pendek untuk mengatasi hama dan penyakit pada tanaman. Sebaiknya pestisida alami digunakan apabila diperlukan saja. Jangan gunakan pestisida nabati atau pestisida alami apabila tidak ada hama dan penyakit serta sayuran atau tumbuhan yang rusak.

Bahkan sebaiknya pestisida alami tidak digunakan apabila kerusakan tanaman hanya sedikit sekali. Beberapa insektisida alami sangat kuat dan bisa membunuh semua serangga, baik serangga perusak maupun serangga yang berguna. Kami sarankan kepada Sahabat Inspirasi Berkebun untuk berhati-hati dalam penggunaan pestisida alami.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar serangga tidak merusak tanaman kita, dan dengan membunuh mereka para serangga bisa menyebabkan masalah di kemudian hari.

Pada tulisan kali ini kami akan berbagi bagaimana cara mengatas hama menggunakan pestisida alami. Langsung saja dibawah ini ada beberapa ramuan dan bahan-bahan untuk membuat pestisida alami, silahkan Sahabat Inspirasi Berkebun untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan-bahan bakunya.
Cara Mengatasi Hama Menggunakan Pestisida Alami
Kumpulan Berbagai Macam Pestisida Alami
Cabai dan Bawang Putih
Segenggam cabai dan tiga siung bawang putih direbus dalam panci dan tambahkan dengan sabun cuci piring dengan dosis 3 sendok makan, kemudian diaduk dan diamkan selama satu hari. Setelah satu hari pestisida alami siap untuk digunakan.

Papaya Spray
Satu kilogram daun pepaya potong-potong, tambah dengan 1 liter air. Setelah tercampur diamkan selama satu jam. Setelah satu jam aduk campuran tersebut serta tambahkan 4 liter air dan 4 sendok makan sabun, aduk-aduk hingga rata. Pestisida alamai ini dapat digunakan untuk termites, aphid, ulat dan bugs.

Ginger atau Jahe
Tumbuk atau haluskan satu genggam jahe kemudian masukkan dalam 1 ember air. Diamkan campuran tersebut selama satu hari. Setelah satu hari pestisida alami sudah bisa digunakan dengan cara semprotkan ke tumbuhan yang rusak untuk menahan pertumbuhan larva cacing dan ulat.

Tomato Leaves Spray atau Daun Tomat
Masak Satu kilogram daun tomat dalam dua liter air selama ½ jam, tambahkan segenggam daun, batang dan buah tomat serta 2 liter air. Campur semua bahan kemudian diamkan selama 6 jam atau 1/2 hari. Setelah didiamkan aduk-aduk hingga rata dan tambahkan 4 sendok makan sabun. Penggunaan pestisida alama ini dengan cara semprotkan tiap dua hari sekali apabila hama dalam jumlah banyak. 

Pestisida alami ini dapat digunakan untuk mengusir semut, aphid, telur serangga, ulat, jamu, bakteri dan lalat. Sabun pada ramuan ini digunakan sebagai perekat pestisida, namun dapat diganti dengan air rebusan singkong atau air rebusan kentang dan diamkan selama satu hari.

PERHATIAN
Pestisida daun tomat ini sangat keras, jadi kami sarankan kepada Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menggunkan sarung tangan dan masker pada saat menyemprot dan cucilah tangan setelah menyemprot.

Tobacco Leaves Spray atau Daun Tembakau
Rendam Satu kilogram daun tembakau yang telah di potong-potong dalam 15 liter air selama satu hari satu malam. Setelah itu tambahkan 2 sendok makan sabun cair aduk-aduk hingga rata. Pestisida alami ini bisa digunakan untuk membasmi virus daun keriting, aphid, ulat dan lain-lainnya.

Perlu diperhatikan pestisida alami jangan digunakan untuk tanaman tomat, tanaman kentang, tanaman terong, tanama cabai dan bunga mawar. Penggunaan pestisida daun tembakau ini hanya dilakukan sebagai pilihan terakhir. Pada saat menggunakan pestisida alami ini gunakan sarung tangan, masker dan pakaian pelindung, karena pestisida jenis ini sangat keras dan juga bisa membunuh serangga lain yang berguna.
Cara Mengatasi Hama Menggunakan Pestisida Organik
Insektisida Nabati
Bahan-Bahan yang di Perlukan
Tiga rimpang lengkuas
Dua rimpang jahe
Dua rimpang kunyit
Tiga batang sereh
Lima hingga tujuh cabai rawit

Cara Pembuatan
Semua bahan diatas dihaluskan dan dicampur dalam 2 liter air. Setelah semua bahan tercampur diamkan selama 1 hari. Cara penggunaanya di semprotkan.

Saran Dari Kami Untuk Sahabat Inspirasi Berkebun
Stop penggunaan pestisida alami setidaknya dua minggu sebelum masa panen. Hal ini sangat penting untuk mencegah sayuran atau buah terkontaminasi pestisida yang bisa menyebabkan manusia sakit.

Lakukan pergantian pestisida alami secara berkala untuk mencegah serangga menjadi kebal terhadap 1 macam pestisida. Silakan bereksperimen, yang 1 bisa jadi lebih baik dari yang lainnya.

Semprotkan pestisida alami di pagi hari atau senja untuk mencegah tumbuhan terbakar karena panas matahari.

Pada saat musim basah atau musim hujan, paling tidak semprot tiga jam sebelum turun hujan, sehingga penyemprotan maksimal hasilnya.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara mengatasi hama menggunakan pestisida alami. Semoga tulisan kami bisa bermanfaat untuk Sahabat Inspirasi Berkebun dalam membuat pestisida alami. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber : Permaculture by Idepfoundation.org

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat dan Bahaya EM4 Pada Pertanian

Cara Memperbanyak Benih Sukun Dengan Cara Stek Batang

Cara Memperbanyak Benih Nanas Dengan Stek Batang dan Mahkota