Cara Menanam Pohon Sirsak Agar Cepat Berbuah

Pohon sirsak mempunyai tajuk yang berbentuk unik dengan bercabang hampir mulai dari pangkalnya. Batang pohon sirsak keras, namun berukuran kecil, liat dan mudah patah. Akar pohon sirsak berupa akar tunggang dan akar samping yang kuat serta dalam. Pada umumnya bentuk buah sirsak lonjong dengan bagian ujung buah bengkok. Kulit buah sirsak berwarna hijau kekuningan dan mengkilap. Daging buah sirsak memiliki tekstur lunak, berbiji hitam, berwarna putih dan berserat. Rasa buah sirsak manis segar dan terasa lengket di lidah dengan tekstur daging buah sirsak agak kering serta aroma buah sirsak harum.

Pohon Buah Sirsak unggulan yang sangat berpotensi dikembangkan dan perbaikan varietas ialah jenis sirsak ratu. Sirsak ratu bisa ditemui di daerah Jawa Barat. Jenis sirsak ratu termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan dan tidak memerlukan perhatian secara khusus. Tanaman sirsak ratu ini bisa tumbuh secara optimal pada dataran yang rendah dan dataran yang tinggi maksimal 1200 m dpl. Tinggi tanaman sirsak madu bisa tumbuh hingga 7 meter. Pada Pembudidayaan sirsak ratudidalam pot atau tabulampot bisa berbuah pada umur dua tahun, apabila di budidayakan di lahan bisa berbuah pada umur tiga tahun dengan bibit okulasi atau cangkok dan enam tahun dengan bibit dari biji.
Cara Menanam Pohon Sirsak Agar Cepat Berbuah 
Pada tulisan kali ini kami akan mebahas mengenai bagaimana cara menanam pohon sirsak agar cepat berbuah lebat. Langsung saja Sahabat Inspirasi berkebun perhatikan penjabaran kami mengenai cara-caranya seperti dibawah ini.

Panduan Mudah Cara Budidaya Tanaman Buah Sirsak Supaya Berbuah Rajin Sepanjang Tahun 
Penanaman di Pot
Media tanam
Berikut ini ialah beberapa komposisi media tanam yang bisa dijadikan rujukan untuk penanaman sirsak di pot atau tabulampot sirsak.
Tabel Alternatif Komposisi Media Tanam Pohon Sirsak
Cara Menanam Tabulampot Sirsak
Cara menanam sirsak tidak begitu sulit. Berikut ini adalah tahapan cara menanam tabulampot sirsak.

Pertama siapkan bibit sirsak yang akan ditanam. Pilih bibit sirsak yang berumur sekitar 10 bulan hingga 12 bulan setelah disambung atau diokulasi. Bibit dengan umur tersebut daun-daunnya akan tumbuh berwarna hijau segar dan rimbun dan batang tumbuh lurus serta kuat dengan diameter sekitar 2 cm hingga 3 cm.

Kedua siapkan pot untuk tempat penanam bibit sirsak. Pada umumnya wadah tanam tabulampot sirsak ialah pot dari drum. Drum yang akan dijadikan tempat penanam bibit sirsak harus diberi lubang-lubang kecil dibagian dasar drum, selanjutnya diberi ganjalan supaya pembuangan air penyiraman lancar.

Ketiga masukkan pecahan genting atau batu bata merah kedalam dasar pot, kemudian lapisi dengan ijuk, humus atau daun-daun tanaman yang kering.

Keempat keluarkan bibit sirsak beserta media tanamnya, dengan cara gunting atau sobek polybag secara hati-hati agar akar tidak putus atau rusak.

Kelima masukkan bibit sirsak pada lubang tanam dan padatkan dengan media tanam di sekitar pangkal batang.

Keenam siram tanaman dan media tanam sampai basah, kemudian letakkan tanaman pohon sirsak di tempat yang ternaungi.

Terakhir biarkan tanamn pohon sirsak dalam pot di tempat tersebut beberapa hari sampai tumbuh tunas, kemudian pindahkan ke tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung terutama pada pagi hari.

Penanaman di Lahan Pekarangan
Tanah yang ideal untuk tanaman pohon sirsak ialah tanah yang berpasir dengan kandungan bahan organik yang tinggi. Adapun waktu penanaman yang baik ialah pada awal musim hujan atau akhir musim kemarau. Berikut ini adalah cara penanaman pohon sirsak di lahan pekarangan.

Pertama taburi lubang tanam yang sudah digali dengan insektisida Furadan untuk mencegah gangguan semut atau rayap dengan dosis seekitar 1 sendok makan hingga 2 sendok makan atau 10 gram hingga 20 gram per lubang tanam.

Kedua lepaskan polybag bibit sirsak dengan menggunakan gunting atau pisau, kemudian keluarkan bibit secara hati-hati agar akar tidak rusak atau putus dan tanah dalam polybag tidak pecah.

Ketiga masukkan bibit sirsak kedalam lubang tanam hingga batas leher akar, kemudian timbun kembali bibit sirsak dengan tanah bekas galian dan padatkan di sekitar pangkal batang.

Kelima pasang ajir untuk menopang batang bibit sirsak supaya tumbuh tegak. Siram bibit sirsak dengan air menggunakan gembor.
Cara Menanam Pohon Sirsak Agar Cepat Berbuah 
Tips Pemeliharaan Pohon Sirsak
Tanaman pohon sirsak harus tetap diperhatikan dengan cara dirawat secara baik. Pemeliharan pohon sirsak yang tepat menjadi kunci keberhasilan penanaman pohon sirsak. Berikut ini beberapa tips untuk Sahabat Inspirasi Berkebun bagaimana cara pemeliharaan pohon sirsak yang harus dilakukan.

Penyiraman
Pada musim kemarau, penyiraman sangat perlukan. Frekuensinya 1 kali sehari yaitu pada sore hari dan usahakan supaya air siraman tidak menggenang lebih dari 12 jam karena jika air tergenang lebih dari 12 jam akan merangsang timbulnya penyakit busuk akar pada pohon sirsak.

Penggemburan
Penggemburan tanah dilakukan karena media tanam akan memadat. Salah satu penyebabnya adalah penyiraman yang berlebihan. Penggemburan dilakukan secara hati-hati supaya tidak merusak akar pohon sirsak, penggemburan bisa menggunakan sekop kecil.

Pemupukan
Pemupukan perlu dilakukan agar pohon sirsak tumbuh subur dan cepat berbuah lebat sepanjang tahun. Berikut dibawah ini adalah tabel Panduan Pemupukan Pohon Sirsak
Tabel Panduan Pemupukan Pohon Sirsak
Adapun pemberian pupuk kandang bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali. Penggunaan pupuk kandang untuk penanaman di pot sebanyak 5 kilogram per satu pot, sedangkan penanaman di lahan penggunaan pupuk kandang sebanyak 15 kg per 1 pohon.

Pemangkasan
Agar penampilan pohon sirsak tetap prima, perlu dilakukan pemangkasan dan pembentukan pohon sirsak. Caranya ialah pelihara hanya satu batang utama (pokok) pada ketinggian 60 cm hingga 75 cm, tiga cabang primer terpilih sepanjang 30 cm hingga 50 cm, dan sembilan cabang sekunder terpilih sepanjang 30 cm hingga 50 cm. 

Lakukan pemangkasan pohon sirsak pada musim penghujan. Lakukan pemangkasan pohon sirsak pada ujung cabang, Setelah pohon sirsak dipangkas, olesi setiap luka bekas pemangkasan dengan minyak cat atau ter.

Tips Sukses Budidaya Tanaman Buah Sirsak Supaya Rajin Berbuah Sepanjang Tahun
Pertama untuk merangsang pembungaan pohon sirsak, lakukan stres air yang dikombinasikan dengan pemberian pupuk daun yang memiliki kandungan P-nya tinggi.

Kedua ini sangat penting agar cepat berbuah gunakan bibit dari hasil okulasi atau sambung.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara menanam pohon sirsak agar cepat berbuah. Semoga tulisan kami dapat bermanfaat untuk Sahabat Inspirasi Berkebun dalam berkebun. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: jual benih murah. com/ blog/g ampang-banget-tips-sukses-cara- budidaya-tanaman-buah-sirsak-ratu-tabulampot-agar -rajin- berbuah -sepanjang- tahun

Komentar

  1. Tips cara menanam sirsak ini sangat 
    bermanfaat. terimakasih atas ilmunya. 
    http://pemulaberkebun.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat dan Bahaya EM4 Pada Pertanian

Cara Memperbanyak Benih Sukun Dengan Cara Stek Batang

Cara Memperbanyak Benih Nanas Dengan Stek Batang dan Mahkota