Cara Membuat Buah Tin Cepat Berbuah

Di Negara Indonesia dan di berbagai negara di belahan dunia, pembudidayaan tanaman pohon tin semakin ramai dilakukan oleh penggemar tanaman. Pohon tin berasal dari daerah Arab dan menyebar sampai ke benua Eropa, Amerika, Australia, Asia dan Afrika.

Proses penanaman pohon buah tin ini terbilang cukup mudah dan simple serta gampang dilakukan, asalkan Sahabat Inspirasi Berkebun memiliki keinginan yang kuat dan menghilangkan jauh-jauh rasa malas pada diri Sahabat Inspirasi Berkebun.

Pada tulisan kali ini kami akan menulis mengenai bagaimana cara membuat buah tin cepat berbuah. Secara umum, cara menanam pohon buah tin sama dengan menanam tanaman buah lainnya. Kurang lebih seperti cara-cara dibawah ini:
Cara Membuat Buah Tin Cepat Berbuah
Pertama pilih bibit unggul tanaman buah tin yang berkualitas. Bibit tanaman buah tin bisa didapatkan dari hasil okulasi, cangkok batang, stek atau cara-cara vegetatif tanaman lainnya. Secara kasat mata atau secara langsung bisa dilihat dengan cara pilih bibit dengan tinggi kisaran sekitar 50 cm hingga 60 cm. Periksa besaran bibit batang tanaman buah tin. Paling tidak besar batang bibit buah tin 2 kali lebih besar dari besar batang pensil. Sangat disarankan jangan lebih kecil dari batang pensil besaran batangnnya. Lihat juga keberadaan daun-daunnya, apakah tunas-tunas daun dari bibit buah tin masih segar dan mulai berdaun banyak, kondisi seperti ini akan jauh lebih baik. Sebagai informasi saja, pada saat Sahabat Inspirasi Berkebun membeli bibit pohon buah tin secara online, pastikan terlebih dahulu bahwa bibit buah tin benar-benar berkualitas dan berasal dari tanaman induk yang sudah pernah berbuah lebat.

Kedua tanam bibit buah tin tersebut pada media tanam berupa tanah yang telah digemburkan dan sudah diberi pupuk. Proses penanaman pohon tin dapat dilakukan pada lahan tanah terbuka atau halaman perkebunan atau bisa juga menggunakan pot.

Ketiga lakukan juga penyiraman kepada pohon buah tin secara rutin setiap satu kali sehari di waktu sore hari, kami sarankan utamakan pada saat tanahnya kering, agar kondisi pertumbuhan tanaman buah tin jauh lebih baik, serta dapat menghasilkan buah lebat sepanjang tahun.

Dalam proses perawatan tanaman buah tin, sebenarnya tidak perlu terlalu sering dilakukan penyiraman, akan tetapi pada saat awal penanaman, maka penyiraman sangat penting untuk menjaga kelembaban tanah serta untuk mempercepat proses pertumbuhan tanaman buah tin.

Agar tanaman pohon buah tin yang dibudidaya Sahabat Inspirasi Berkebun dapat menghasilkan buah yang lebat, maka silahkan ikuti petunjuk perawatan atau pemeliharaan pohon buah tin seperti dibawah ini:

Pertama karena pohon buah menyukai tanah yang agak kering, maka penanaman pohon buah tin sebaiknya dilakukan pada saat menginjak musim penghujan kemarau.

Kedua sebaiknya pohon buah tin diberikan penyinaran cahaya matahari sepanjang waktu, kami sarankan jangan pernah menutupi pohon buah tin dengan naungan yang menghalangi sinar matahari secara langsung untuk berinteraksi dengan pohon buah tin.

Ketiga pada penanaman bibit di awal proses tanam, maka pemupukan dilakukan dengan dosis secukup saja. Padam saat pohon buah tin telah berumur 2 tahun, berikanlah pupuk kandang. Hal tersebut dilakukan supaya daun pohon buah tin tidak rontok dan pohon buah tin cepat berbuah lebat.

Keempat guntinglah daun-daun pohon buah tin yang mongering atau menguning. Daun-daun yang mengering atau menguning tersebut harus dibuang supaya tidak menular kepada bagian tanaman lainnya.

Kelima waspadalah terhadap hama penggerek batang. Hama penggerek batang tersebut bisa membuat batang pohon buah tin menjadi keropos dan lebih parahnya lagi pohon buah tin rusak. Cara pencegahannya dengan menyuntikan hormon penguat batang pohon buah tin dan pohon buah tini diberi nutrisi pembantu perangsang tumbuh kembang batang dan akar.

Keenam jika Sahabat Inspirasi Berkebun menanam pohon buah tin di pot, maka perhatikan ukuran tanaman pohon buah tin. Pada saat pohon buah tin telah mencapai tinggi sekitar 1,5 meter hingg 2 meter, maka kami sarankan pohon buah tin segera pindahkan pada pot yang lebih besar atau dapat juga langsung dipindahkan ke kebun. Pohon buah tin bisa tumbuh denga tinggi sekitar 35 meter.

Terakhir masa panen buah tin dapat dilakukan pada saat pohon buah tin berumur 4 tahun hingga 5 tahun ke atas.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara membuat buah tin cepat berbuah. Semoga informasi tentang cara menanam, membudidaya dan merawat serta memelihara pohon tin diatas berguna untuk Sahabat Inspirasi Berkebun. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: tipspetani. com/cara –menanam merawat- pohon-tin-agar- cepat- berbuah-lebat/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat dan Bahaya EM4 Pada Pertanian

Cara Memperbanyak Benih Sukun Dengan Cara Stek Batang

Cara Memperbanyak Benih Nanas Dengan Stek Batang dan Mahkota