Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng - Hama wereng merupakan salah satu hama yang menyerang tanaman padi. Hama wereng ini menyerang dengan cara menghisap nutrisi dari batang tanaman padi sampai menguning dan mengering.

Selama ini para petani padi mengeluhkan akan serengan hama wereng yang satu ini karena dampak yang dihasilkan sangat merugikan para petani tanaman padi. 

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara ampuh pengendalian hama wereng pada tanaman padi. Langsung saja berikut adalah cara-cara pengendalian hama wereng pada tanaman padi.
Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng Pada Tanaman Padi
Langkah-Langkah Pengendalian Hama Wereng
Pencegahan 
Untuk mengatasi hama wereng langkah pertama yang harus Sahabat Inspirasi berkebun lakukan ialah proses pencegahan, karena proses pencegahan ini ialah tahap yang paling penting untuk keberhasilan mengendalikan hama wereng pada tanaman padi.

Cara pencegahan hama wereng pada tanaman padi yaitu dengan cara bersihkan lahan sawah yang akan Sahabat Inspirasi berkebun tanam dari gulma atau rumput liar. Perhatikan pada saat proses penyemprotan harus tepat dan tidak boleh berlebihan karena jika penyemprotan berlebihan akan membunuh musuh alami hama wereng itu sendiri.

Pola Tanam
Untuk mengatasi hama wereng pada tanaman padi yang selanjutnya ialah perhatikan pola tanam tanaman padi, lakukan penanaman dengan sistem jajar legowo untuk memudahkan sirkulasi udara serta mempermudah dalam melakukan penyemprotan tanaman padi.

Pola tanam Jajar Legowo merupakan salah satu sistem menanam tanaman padi dengan menghilangkan satu baris dalam setiap beberapa barisan.

Membasmi Hama Wereng yang Telah Menyerang Tanaman Padi
Membasmi hama wereng bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara pertama menggunakan pestisida kimia dan kedua menggunakan pestisida organik (alami).

Untuk cara kimia bisa menggunakan insektisida yang banyak dijual pada toko pertanian seperti, Ares, Virtako, Venop dan masih banyak lainya. Sedangkan untuk cara organik (alami), Sahabat Inspirasi berkebun bisa menggunakan satu genggam daun sirsat yang sudah haluskan bersama dengan delingau dan 10 siung bawang putih kemudian tambahkan sabun krim atau sabun colek, kemudian campur dengan air sepuluh liter dan diamkan selama 3 hari hingga 4 hari.

Setelah di diamkan selama 3 hari hingga 4 hari, saring ramuan campuran daun sirsat dan pestisida organik telah siap untuk digunakan dengan dosis 1 liter pestisida organik di campur dengan air 14 liter hingga 15 liter.

Sahabat Inspirasi berkebun bisa juga menggunakan oli bekas yang dimasukkan kedalam petakan sawah yang berisi air dengan dosis sebanyak 10 liter hingga 20 liter per 1/4 hektar.
Contoh Jajar Legowo
Usahakan dalam proses pengendalian hama wereng pada tanaman padi ini dilakukan secara bersama-sama atau serempak dalam satu hamparan sawah supaya dalam proses penyemprotan, hama wereng tidak berpindah-pindah dan sembunyi pada lahan sawah sekitarnya yang mengakibatkan hama wereng tidak mati, hama wereng hanya bersembunyi saja.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara ampuh pengendalian hama wereng pada tanaman padi. Semoga tulisan kami bisa bermanfaat dan membantu Sahabat Inspirasi berkebun dan para petani padi. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: Teori Petani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat dan Bahaya EM4 Pada Pertanian

Cara Memperbanyak Benih Sukun Dengan Cara Stek Batang

Cara Memperbanyak Benih Nanas Dengan Stek Batang dan Mahkota