Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 60 Hari Bisa Panen

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 60 Hari Bisa Panen – Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia karena harga ikan lele yang relatif terjangkau dan mempunyai rasa yang gurih.

Ikan lele ini sering kita jumpai dihampir semua wilayah Indonesia untuk dijadikan makanan konsumsi seperti sambal lele, pecel lele dan lain sebagainya.

Untuk membudidayakan ikan lele ini sangatlah mudah dikarenakan ikan lele ini cukup mudah untuk hidup diberbagai wilayah di Indonesia, kolam dan jenis air. 

Dalam membudidayakan ikan lele yang satu ini Sahabat Inspirasi Berkebun bisa menggunakan semen, kolam tanah ataupun kolam terpal, bagi Sahabat Inspirasi Berkebun para pemula tidak ada salahnya Sahabat Inspirasi Berkebun mencoba dikolam terpal terlebih dahulu untuk membudidayakan ikan lele ini.

Penggunaan kolam dari terpal disini bertujuan untuk menghemat biaya dan bisa kita lakukan meskipun dilahan yang sempit atau terbatas.

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara budidaya ikan lele di kolam terpal 60 hari bisa panen. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan cara-cara berbudidaya ikan lele di terpal seperti dibawah ini. 
Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 60 Hari Bisa Panen
Penyiapan Bibit
Pilihlah bibit ikan lele dengan pertumbuhan yang baik dan asal usul induk ikan lelenya jelas, sehingga kita bisa mengetahui kualitas bibit ikan lele tersebut.

Dalam menyiapan bibit Sahabat Inspirasi Berkebun bisa juga membelinya di penjual bibit ikan terpercaya atau bisa juga langsung kebalai perikanan yang ada disekitar wilayah Sahabat Inspirasi Berkebun.

Jenis ikan lele yang biasa dibudidayakan oleh pembudidaya lele dan cepat besar adalah jenis ikan lele sangkuriang, ikan lele dombo dan ikan lele phyton.

Pembuatan Kolam Terpal
Bahan Bahan yang di Perlukan
Terpal dengan ukuran 7 meter x 5 meter untuk 1000 bibit ikan lele.
Kayu, usahakan kayu yang bisa hidup seperti kayu randu, kayu joar dan kayu ulin.
Bambu.
Pasir.
Paralon ukuran denga ukuran 1 meter hingga 2 meter ''.
Paku.

Cara Membuat Kolam Terpal
Buatkan lubang terlebih dahulu dengan ukuran 5 meter x 3 meter dan kedalaman 30 cm kemudian berikan pasir untuk menjaga terpal supaya tidak bocor dan robek.

Tancapkan kayu pada sekeliling lubang dengan ketinggian satu meter dari permukaan tanah, usahakan yang rapat supaya kuat untuk menahan beban air didalam terpal.

Belah bambu kemudian buat menyerupai reng untuk membuat rumah selanjutnya tempelkan bambu yang sudah dibelah dikayu yang telah ditancapkan dengan paku.

Setelah kerangka telah jadi pasang terpal kemudian beri paralon untuk membuang air dengan cara membuat lubang pada dasar terpal kemudian pasang paralon dan ikat yang rapat jangan sampai terpal bocor.

Jika telah jadi, Isi air sebanyak 1/4 kolam saja dan diamkan selama 1 minggu hingga 2 minggu supaya kolam steril dari zat kimia yang berasal dari terpal Sahabat Inspirasi Berkebun.
Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan Lele
Penebaran Benih Ikan Lele
Tebar benih yang telah Sahabat Inspirasi Berkebun pilih dengan cara letakan plastik bibit ikan lele kedalam kolam biarkan beberapa menit supaya suhu air dalam plastik menyesuaikan dengan air di dalam kolam milik Sahabat Inspirasi Berkebun.

Setelah dirasa cukup, buka ikatan tali plastik biarkan bibit ikan lele keluar dengan sendirinya supaya ikan lele cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Usahakan untuk penebaran ikan lele dilakukan setelah kolam terpal airnya berwarna kehijauan yang bertanda air sudah netral dan banyak plangton sebagai pakan alami ikan lele tersebut.

Perawatan Ikan Lele
Perawatan ikan lele dilakukan dengan cara memberikan pakan sebanyak sehari 4 kali untuk mempercepat pemanenan ikan lele yaitu pada pagi hari, siang hari, sore hari dan malam hari.

Pengantian air kolam dilakukan jika air kolam telah bau dan ikan mulai stres ditandai dengan nafsu makan ikan lele berkurang dan ikan lele banyak yang mengambang serta mati.

Pemanenan Ikan lele
Pemanenan bisa dilakukan setelah ikan lele telah berumur 60 hari hingga 75 hari setelah ikan lele ditebar dikolam, pemanenan ikan lele dilakukan dengan cara membuang air kolam hingga habis kemudian ambil ikan lele menggunan jaring atau serok.

Setelah ikan lele di jaring masukan ikan lele kedalam drigen atau bak yang telah dibuat secara khusus untuk menampung ikan lele dan ikan lele siap dipasarkan.

Demikian tulisan kami yang sederhana ini, cukup mudah bukan cara budidaya ikan lele di kolam terpal 60 hari bisa panen, semoga bisa berguna dan bisa membuat Sahabat Inspirasi Berkebun tertarik membudidayakan ikan lele. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini. Selamat mencoba Sahabat Inspirasi Berkebun.

Sumber: Teori Petani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat dan Bahaya EM4 Pada Pertanian

Cara Memperbanyak Benih Sukun Dengan Cara Stek Batang

Cara Memperbanyak Benih Nanas Dengan Stek Batang dan Mahkota